Pindah Operator Tanpa Ganti Nomor? Tunggu 2011

Semua pengguna telepon di Indonesia akan dibolehkan berpindah layanan operator tanpa berganti nomor telepon. Ini akan terjadi pada 2011.

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah menetapkan tahun 2011 sebagai tahap implementasi roadmap number portability.

Anggota Komite BRTI Koesmarihati optimistis number portability akan berdampak baik bagi pelanggan. Pasalnya, hal ini akan membuat operator berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan kualitas layanannya sehingga penetrasi meningkat dan tarif telepon akan terus turun.

Pengguna layanan yang dimaksud mencakup pelanggan telepon seluler, telepon tetap kabel, telepon nirkabel area terbatas, maupun pengguna teleponi internet atau Voice over Internet Protocol (VoIP).

“Jadi, mau tidak mau seluruh operator harus meningkatkan layanannya kalau tidak mau ditinggalkan pelanggan karena kualitasnya yang jelek dan tarifnya yang mahal,” ujarnya di sela seminar number portability di ICT Expo 2008 di Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/5/2008).

Senior ICT Consultan dari World Bank, David Satola, berpendapat untuk mengimplementasikan number portability, regulator harus menata kembali spektrum frekuensi telekomunikasi, sistim penomoran, serta mematangkan rencana penyatuan lisensi telepon seluler dan telepon tetap.

“Itu memang yang jadi prioritas kami,” Koesmarihati menegaskan.

Indonesia, dinilai Satola, sebagai contoh negara yang unik karena memiliki 12 operator telepon, jauh lebih banyak dari negara lain yang telah mengadopsi number portability, di mana di tiap negara tersebut rata-rata hanya memiliki tiga operator.

“Perlu kustomisasi untuk menerapkan number portability. Namun inisiatif ini saya rasa baik untuk meng-encourage kompetisi sehingga tarif semakin murah dan layanan semakin baik,” pungkasnya.

Apa pendapat Anda soal Number Portability, ngomong dong di detikINET Forum

ditulis: Achmad Rouzni Noor II – detikinet

~ oleh riotacksoack pada Mei 22, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: